Nokia Prototype with Wireless Recharge


Teknologi penghantaran tenaga listrik nirkabel/wireless tampaknya semakin dekat. Setelah beberapa percobaan tingkat laboratorium berhasil menyalakan bohlam lampu, maka pengisian daya laptop dan ponsel tanpa harus memasang charger tampaknya tinggal menunggu waktu.

Saat ini Nokia sedang mengembangkan teknik pengisian daya ponsel yang diklaim sangat unik. Caranya adalah dengan memanfaatkan gelombang radio yang banyak bersliweran di udara dan mengubahnya menjadi energi yang dapat dimanfaatkan.

Meskipun paradigma tradisional sistim tenaga listrik nirkabel adalah adanya pemancar dan penerima, sistim yang dipergunakan Nokia ini menjadi unik karena menggunakan gelombang TV, radio atau ponsel – yang kesemuanya tersedia bebas di udara dan dapat dikatakan terbuang percuma. Nokia akan menangkap beberapa/keseluruhan energi elektromagnetik tersebut dan mengubahnya menjadi tenaga listrik yang dapat digunakan mengisi tenaga ponsel. Ide ini adalah ide Tesla 100 tahun yang lalu meskipun dalam skala yang sangat kecil.

Diharapkan energi elektromagnetik yang bersliweran tersebut akan menjadi energi alternatif untuk kebutuhan rumah maupun kantor, walaupun untuk tahap awal hanya menjaga agar ponsel tetap hidup. Saat ini Nokia sudah dapat memproduksi tenaga sebesar 5 miliwatt dari udara. Jangka pendek akan dikembangkan menjadi 20 miliwatt dan 50 miliwatt untuk tahap selanjutnya. Meskipun belum mampu membuat posel tetap menyala, tetapi paling tidak akan membuat recharge ponsel menjadi lebih cepat. Secara teori sumber energi ini tidak terbatas.

Diharapkan teknologi ini dapat dikomersialkan dalam tiga sampai lima tahun mendatang.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money