BEIDOU, New Chinese GPS System


Cina baru saja meluncurkan sebuah satelit navigasinya yang kedua dari sekitar 30 satelit yang direncanakan untuk membentuk sistim global positioning network, atau biasa dikenal dengan GPS.

Peluncuran COMPASS, demikian satelit tersebut diberi nama, dilakukan lewat tengah malam lalu dari Xichang Satellite Launching Center di provinsi Sichuan. Ke-30 satelit ini rencananya akan selesai diorbitkan sebe;um tahun 2015 untuk membentuk Beidou Navigation System, sebuah sistem GPS yang 100% dikembangkan oleh teknologi dalam negeri Cina.

"Sistim ini akan membantu klien mengetahui lokasi dan waktu yang tepat. Sistim ini juga akan menawarkan pengukuran kecepatan, waktu komunikasi untuk pengguna tertentu", ungkap pejabat terkait. Sistim ini nantinya akan dipakai untuk melayani perhubungan, dinas meteorologi, perminyakan, perencanaan penanggulangan bencana, telekomunikasi dan keamanan publik.

Sait ini di seantero bumi ini terdapat beberapa sistim GPS yang telah berjalan di samping GPS yang dikembangkan oleh Amerika, European Union's Galileo Positioning System dan Russian's Global Navigation Satellite System (GLONASS)

Seri COMPASS yang pertama telah diluncurkan April 2007 dan rencananya pada 2009 dan 2010 Cina akan kembali meluncurkan satelit navigasinya sejumlah 10 buah.

AFP

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money